Prosedur Pengajuan dan Biaya Perkara Perdata

24 Oct

Details : Layanan Kami
Written by Super User

PERKARA PERDATA

PELAKSANAAN PENDAFTARAN GUGATAN/PERMOHONAN TINGKAT PERTAMA

  1. Penggugat atau melalui Kuasa Hukumnya mengajukan Gugatan/Permohonan yang diajukan kepada Ketua Pengadilan Negeri Pati di bagian Perdata, dengan beberapa kelengkapan/syarat yang harus dipenuhi :
    1. Surat Permohonan ( untuk permohonan, permohonan eksekusi maupun somasi) / surat gugatan.
    2. Surat Kuasa yang sudah dilegalisir (apabila menggunakan Kuasa Hukum)
    3. Fotokopi kartu advokat kuasa hukum yang bersangkutan (apabila menggunakan Kuasa Hukum )
    4. Salinan Putusan ( untuk permohonan eksekusi ).
  1. Penggugat / Kuasanya membayar panjar biaya gugatan dengan menyetorkan uang panjar perkara melalui bank yang ditunjuk oleh Pengadilan
  2. Memberikan bukti tranfer serta menyimpan salinannya untuk arsip
  3. Menerima tanda bukti penerimaan Surat Gugata/Permohonan
  4. Menunggu Surat Panggilan sidang dari Pengadilan Negeri Pati yang disampaikan oleh Juru Sita/Juru Sita Pengganti
  5. Menghadiri Sidang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan

PELAKSANAAN PENDAFTARAN GUGATAN TINGKAT BANDING

  1. Pemohon atau melalui Kuasa Hukumnya mengajukan permohonan kepada Pengadilan Negeri  Pati di bagian Perdata, dengan beberapa kelengkapan / syarat yang harus dipenuhi :
    1. Surat Permohonan Banding
    2. Surat Kuasa yang sudah dilegalisir (apabila menggunakan Advokat)
    3. Memori Banding (jika dianggap perlu)
  2. Permohonan Banding dapat diajukan di kepaniteraan pengadilan negeri dalam waktu 14 hari kalender terhitung keesokan harinya setelah putusan diucapkan atau setelah diberitahukan kepada pihak yang tidak hadir dalam pembacaan putusan. Apabila hari ke 14 jatuh pada hari sabtu, minggu atau hari libur, maka penentuan hari ke 14 jatuh pada hari kerja berikutnya.
  3. Terhadap permohonan banding yang diajukan melampaui tenggang waktu tersebut diatas tetap dapat diterima dan dicatat dengan membuat surat keterangan panitera bahwa permohonan banding telah lampau.
  4. Pemohon / Kuasanya membayar panjar biaya permohonan banding dengan menyetorkan uang panjar perkara melalui bank yang ditunjuk oleh pengadilan
  5. Memberikan bukti tranfer serta menyimpan salinannya untuk arsip
  6. Menerima tanda bukti penerimaan Surat Permohonan
  7. Menunggu Surat Pemberitahuan Pemeriksaan Berkas (Inzage), Pemohon diberikan jangka waktu 14 hari untuk datang ke Pengadilan Negeri setempat untuk mempelajari berkas
  8. Menunggu Surat Pemberitahuan Kontra Memori Banding dan salinan Kontra Memori Banding
  9. Menunggu kutipan putusan dari Pengadilan Tinggi yang akan disampaikan oleh Juru Sita Pengganti/Jurusita Pengganti

PELAKSANAAN PENDAFTARAN GUGATAN TINGKAT KASASI

  1. Pemohon atau melalui Kuasa Hukumnya mengajukan permohonan kepada Pengadilan Negeri  Pati di  bagian Perdata, dengan beberapa kelengkapan / syarat yang harus dipenuhi :
    1. Surat Permohonan Kasasi
    2. Surat Kuasa yang sudah dilegalisir (apabila menggunakan Advokat)
    3. Memori Kasasi
    4. Menunggu Surat Pemberitahuan Kontra Memori Kasasi dan salinan Kontra Memori Kasasi
    5. Menunggu kutipan putusan dari Mahkamah Agung yang akan disampaikan oleh Juru Sita/Jurusita Pengganti
  1. Permohonan Kasasi dapat diajukan di kepaniteraan pengadilan negeri dalam waktu 14 hari kalender terhitung keesokan harinya setelah putusan Pengadilan Tinggi diberitahukan kepada para pihak yang tidak hadir dalam pembacaan putusan. Apabila hari ke 14 jatuh pada hari sabtu, minggu atau hari libur, maka penentuan hari ke 14 jatuh pada hari kerja berikutnya.
  2. Terhadap permohonan kasasi yang diajukan melampaui tenggang waktu tersebut diatas tidak dapat diterima dan berkas perkaranya tidak dapat dikirimkan ke Mahkamah Agung RI dengan Penetapan Ketua Pengadilan ( Pasal 45 A UU No. 5/2004 ).
  3. Pemohon / Kuasanya membayar biaya panjar permohonan kasasi dengan menyetorkan uang panjar perkara melalui bank yang ditunjuk oleh pengadilan
  4. Memberikan bukti tranfer serta menyimpan salinannya untuk arsip
  5. Menerima tanda bukti penerimaan Surat Permohonan
  6. Menunggu Surat Pemberitahuan Pemeriksaan Berkas (Inzage), Pemohon diberikan jangka waktu 14 hari untuk datang ke Pengadilan Negeri setempat untuk mempelajari berkas

 

SK BIAYA PERKARA

SURAT KEPUTUSAN

KETUA PENGADILAN NEGERI PATI

Nomor : W12-U10/353/Pdt.04.01/3/2016

TENTANG

BESAR PANJAR BIAYA PERKARA PERDATA, BESAR BIAYA JURUSITA DAN PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK (PNBP) DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI PATI

Ketua Pengadilan Negeri Pati :

Menimbang : 1. Bahwa dengan diberlakukannya ketentuan Peraturan   tentang biaya perkara maka Ketentuan Panjar Biaya Perkara Perdata pada Pengadilan Negeri Pati sudah tidak sesuai lagi oleh karena itu dipandang perlu diperbaharui dan disesuaikan dengan :
a. Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 02 Tahun 2009 tanggal 12 Agustus 2009 tentang Biaya Proses Penyelesaian Perkara dan Pengelolaannya pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada di bawahnya;
b. Surat Edaran Mahkamah Agung Republik Indonesia No. 2 tahun 2010 tanggal 08 Maret 2010 tentang Penyampaian salinan dan petikan putusan;
c. Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2008 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada dibawahnya;
d. Surat Keputusan Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah Nomor : 026/SK-KPT-PDT/XI/2009 tanggal 2 Nopember 2009 tentang penyesuaian biaya banding perkara perdata pada Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, yang pada pokoknya mencabut Surat Keputusan Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah tanggal 20 Maret 2009 Nomor : 02/SK-KPT-Pdt/III/2009 dan menentukan biaya Banding perkara Perdata pada Pengadilan Tinggi Semarang sebesar Rp 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah);
2. Bahwa sesuai dengan poin 1.a., 1.b, 1.c, 1.d, 1.e tersebut di atas, maka Surat Keputusan Ketua Pengadilan Negeri Pati No. W12-U10/117/PDT.04.01/1/2015 tanggal 05 Januari 2015 tentang Panjar Biaya Perkara Perdata dipandang tidak sesuai sehingga perlu untuk dicabut;
3. Bahwa untuk memperlancar proses perkara perdata pada Pengadilan Negeri Pati baik di tingkat pertama, Banding, Kasasi, Peninjauan Kembali, Eksekusi dan Somasi, maka dipandang perlu untuk menyesuaikan besarnya uang panjar biaya perkara perdata yang harus dibayar oleh pihak yang berperkara;
4. Bahwa dalam menentukan besar kecilnya uang panjar biaya perkara dan ongkos Jurusita/Jurusita Pengganti perlu diperhitungkan pula jarak jauh dekatnya dan atau jumlah subyek maupun obyek hukumnya;
5. Bahwa untuk menentukan panjar biaya perkara dimaksud perlu ditetapkan oleh Ketua Pengadilan Negeri Pati.
Mengingat : 1. Undang-undang No. 4 Tahun 2004 , diubah dengan Undang-Undang R.I No. 48/2009 tentang Kekuasaan Kehakiman;
2. Undang-undang No. 14 Tahun 1985 Tentang Mahkamah Agung sebagaimana yang telah diubah dengan Undang-undang No. 5 Tahun 2004 dan terakhir dengan Undang-Undang No. 3 tahun 2009;
3. Undang-undang No. 2 Tahun 1986 tentang Peradilan Umum sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang No. 8 Tahun 2004 dan terakhir dengan Undang-Undang No. 49 tahun 2009;
4. Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2008 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Mahkamah Agung Dan Badan Peradilan yang berada dibawahnya;
5. Surat Edaran Mahkamah Agung RI No. 06 Tahun 2014 tanggal 30 Desember 2014, tentang Penanganan bantuan panggilan/pemberitauan;
6. Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 02 Tahun 2009 tanggal 12 Agustus 2009 tentang Biaya Proses Penyelesaian Perkara Dan Pengelolaannya Pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada dibawahnya ;
7. Surat Penetapan Ketua Pengadilan Negeri Pati Nomor W12-U10/117/PDT.04.01/1/2015 tanggal 05 Januari 2015 tentang Panjar Biaya Perkara Perdata ;
M E M U T U S K A N :
Menetapkan : KEPUTUSAN KETUA PENGADILAN NEGERI PATI TENTANG BESAR PANJAR BIAYA PERKARA PERDATA, BESAR BIAYA JURUSITA DAN PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK (PNBP) DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI PATI
Pertama : Mencabut Surat Keputusan Ketua Pengadilan Negeri Pati tanggal 05 Januari 2015 Nomor : W12-U10/117/PDT.04.01/1/2015 tentang besarnya panjar biaya perkara perdata dan Penerimaan Negara bukan Pajak (PNBP) di wilayah Hukum Pengadilan Negeri Pati.
Kedua : Besarnya uang muka (panjar) biaya perkara perdata dan besarnya biaya jurusita dalam melaksanakan tugas pemanggilan/pemberitahuan serta Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) pada wilayah hukum Pengadilan Negeri Pati adalah sejumlah tersebut dalam daftar lampiran penetapan ini ;
Ketiga Penyetoran panjar biaya perkara oleh Penggugat / Pemohon / Pembanding / Pemohon Kasasi/Pemohon Peninjauan Kembali dilakukan di Bank BRI Cabang Pati dengan Rekening Nomor : 0066-01-001912.30-5 RPL-097 PN PATI UTK PDT BIAYA PERKARA atas nama Pengadilan Negeri Pati, sedangkan pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dalam lampiran III dibayarkan di Kepaniteraan Hukum Pengadilan Negeri Pati yang selanjutnya disetor ke Kas Negara ;
Keempat : - Khusus untuk perkara Perdata Gugatan, Banding, Kasasi dan Peninjauan Kembali yang subyek hukumnya lebih dari 1 (satu), maka besarnya uang panjar biaya perkara akan diperhitungkan dari jarak dan jumlah subyek/pihaknya .
- Khusus untuk biaya Sita Jaminan, Sita Eksekusi, Pengangkatan Sita dan Eksekusi, uang panjar biaya perkara akan diperhitungkan dengan jumlan obyek dan faktor kesulitan yang timbul di lapangan.
Kelima : Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan catatan akan diperbaiki sebagaimana mestinya bila dikemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam penetapan ini.

 

Ditetapkan di              : P a t i.

Pada tanggal               : 1 Maret 2016

KETUA PENGADILAN NEGERI PATI.

 

TTD  

SUGIYANTO, SH

Lampiran I    : Surat Keputusan Ketua Pengadilan Negeri Pati.

Nomor         : W12-U10/352/PDT.04.01/3/2016.

Tanggal       : 1 Maret 2016

No Jenis Perkara Besar Panjar Perkara Rincian Keterangan
1 Gugatan/Perlawanan

Rp. 661.000,-

Untuk: P.1 dan T.1

- Pendaftaran     : Rp.   30.000,-

- Panggilan P.2x  : Rp. 190.000,-

- Panggilan T.3x  : Rp. 285.000,-

- Redaksi           : Rp.     5.000,-

- Meterai           : Rp.     6.000,-

- Pemberitahuan  : Rp.   95.000,-

- Biaya Proses    : Rp.    50.000,-

     Jumlah         : Rp. 661.000,-

Untuk :

T.2 Rp. 1.001.000,-

T.3 Rp. 1.341.000,-

T.4 Rp. 1.681.000,-

T.5 Rp. 2.021.000,-

2.

Permohonan

Rp. 281,000,-

- Pendaftaran     : Rp.   30.000,-

- Panggilan 2x     : Rp. 190.000,-

- Redaksi           : Rp.     5.000,-

- Meterai           : Rp.     6.000,-

- Biaya Proses   : Rp.   50.000,-

     Jumlah         : Rp. 281.000,-

3.

Banding

Rp. 1.015.000,-

Untuk :

Pembanding 1,

Terbanding 1

- Pendaftaran       : Rp.       50.000,-

- Pemb.Perny.Bd    : Rp.      95.000,-

- Pemb.Memori      : Rp.       95.000,-

- Pemb.Kontra      : Rp.        95.000,-

- Inzage 2x          : Rp.      190.000,-

- Kirim ke PT        : Rp.      250.000,-

- Pemb.Putusan 2x: Rp.      190.000,-

- Biaya Proses      : Rp.       50.000,-

          Jumlah      : Rp.   1.015.000,-

Untuk :

Terbanding 2

Rp. 1.440.000,-

Terbanding 3

Rp. 1.865.000,-

4.

Kasasi

Rp. 1.365.000,-

Untuk :

Pemohon Ks 1

Termohon Ks 1

- Pendaftaran       : Rp.   50.000,-

- Pemb.Perny.Ks    : Rp.   95.000,-

- Pemb.Memori      : Rp.   95.000,-

- Pemb.Kontra       : Rp.   95.000,-

- Inzage 2x           : Rp. 190.000,-

- Kirim ke MA         : Rp. 600.000,-

- Pemb.Putusan 2x : Rp. 190.000,-

- Biaya Proses       : Rp.   50.000,-

               Jumlah  : Rp.1.365.000,-

Untuk :

Termohon Kasasi 2

Rp. 1.790.000,-

Terrmohon Kasasi 3

Rp. 2.215.000,-

5.

Peninjauan Kembali (PK)

Rp. 3.325.000,-

Untuk :

Pemohon Pk 1

Termohon Pk 2

- Pendaftaran          : Rp.   200.000,-

- Pemb.Perny.PK      : Rp.     95.000,-

- Pemb.Memori         : Rp.    95.000,-

- Pemb.Kontra         : Rp.     95.000,-

- Kirim ke MA           : Rp.2.600.000,-

- Pemb.Putusan 2x   : Rp.   190.000,-

- Biaya Proses         : Rp.     50.000,-

               Jumlah    : Rp.3.325.000,-

Untuk :

Termohon PK 2

Rp. 3.665.000,-

Termohon PK 3

Rp. 4.005.000,-

7.

Consignasie

Rp. 500.000,-

Ongkos perjalanan jurusita, saksi-saksi dan meterai.

8.

Penyitaan

Rp. 1.250.000,-

Ongkos perjalanan ,Jurusita, saksi-saksi, meterai penetapan, biaya pendaftaran di BPN.

Perbidang.

9

Pengangkatan Sita

Rp. 1.250.000,-

Ongkos Perjalanan Jurusita, saksi-saksi, meterai penetapan, biaya pendaftaran di BPN.

Perbidang

10.

Pemeriksaan setempat

Rp. 750.000,-

Sewa Kendaraan

Perbidang

11.

Eksekusi

a. Anmaning/Teguran

b. Sita Eksekusi

c. Penyerahan

d. Pengosongan

e. Lelang

f. Peneliti lapangan Eksekusi

Rp.     500.000,-

Rp.  1.250.000,-

Rp.  3.000.000,-

Rp.  7.000.000,-

Rp.10.000.000,-

Rp.    500.000,-

Ongkos Perjalanan, Jurusita, saksi-saksi, meterai penetapan

Perbidang

Perbidang

Perbidang

Perbidang

Perbidang

                                                                                                    

CATATAN :

  1. Biaya-biaya tersebut bisa berubah ditentukan menurut keadaan banyaknya pihak yang berperkara, letak dan jauhnya tempat tinggal pihak yang berperkara;
  2. Khusus biaya pengosongan dan lelang dilihat dari obyek sengketa yang dilelang / tempat lelang dari para pihak serta situasi dan kondisi lapangan.
  3. Apabila biaya perkara selama prosers berlangsung tersebut habis / kurang untuk tambahan biaya dibebankan kepada pihak Penggugat / Pelawan dengan tagihan tertulis ;
  4. Apabila perkara Putus ada kelebihan biaya perkara akan dikembalikan kepada pihak Penggugat / Pemohon;
  5. Bahwa apabila dalam waktu 180 (seratus delapan puluh ) hari setelah diberitahukan sisa panjar yang tidak diambil, akan disetor ke Kas Negara.

Lampiran II      : Surat Keputusan Ketua Pengadilan Negeri Pati.

Nomor             : W12-U10/352/PDT.04.01/3/2016.

Tanggal           : 1 Maret 2016

 

BIAYA JURUSITA/JURUSITA PENGGANTI

BERDASARKAN RADIUS

DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI PATI

No.

Wilayah Kecamatan Besar Biaya Keterangan
       
1. Kecamatan PATI :
  Seluruh Kelurahan/Desa di Kecamatan Pati Rp. 60.000,-  
       
2. Kecamatan MARGOREJO :
  Seluruh Desa di Kecamatan Margorejo Rp. 60.000,-  
       
3. Kecamatan JUWANA :
  Seluruh Desa di Kecamatan Juwana Rp. 70.000,-  
       
4. Kecamatan WEDARIJAKSA :
  Seluruh Desa di Kecamatan Wedarijaksa Rp. 70.000,-  
       
5. Kecamatan TRANGKIL :
  Seluruh Desa di Kecamatan Trangkil Rp. 70.000,-  
       
6. Kecamatan GABUS :
  Seluruh Desa di Kecamatan Gabus Rp. 70.000,-  
       
7. Kecamatan TAMBAKROMO :
  Seluruh Desa di Kecamatan Tambakromo Rp. 70.000,-  
  Kecuali : Desa Wukirsari, Desa Maitan dan Desa Pakis Rp. 80.000,-  
     
8. Kecamatan MARGOYOSO :
  Seluruh Desa di Kecamatan Margoyoso Rp. 70.000,-  
     
9. Kecamatan JAKENAN :
  Seluruh Desa di Kecamatan Jakenan Rp. 70.000,-  
       
10. Kecamatan JAKEN :
  Seluruh Desa di Kecamatan Jaken Rp. 80.000,-  
  Kecuali : Desa Boto, Desa Mantingan, Desa Ronggo dan Desa Sumberagung

Rp. 85.000,-

 

 
       
11. Kecamatan KAYEN :
  Seluruh Desa di Kecamatan Kayen Rp. 80.000,-  
  Kecuali : Desa Beketel, Desa Purwokerto dan Desa Durensawit

Rp. 85.000,-

 
     
12. Kecamatan TLOGOWUNGU :
Seluruh Desa di Kecamatan Tlogowungu Rp. 80.000,-  
Kecuali : Desa Cabak, Desa Gunungsari, Desa Klumpit, Desa Suwatu dan Desa Tajungsari

Rp. 85.000,-

 
 
13. Kecamatan GEMBONG :
 

Desa Gembong

Rp. 80.000,-  

Desa Kedung Bulus

Rp. 80.000,-  

Desa Semirejo

Rp. 80.000,-  

Desa Wonosekar

Rp. 80.000,-  

Desa Bageng

Rp. 85.000,-  

Desa Klakahkasihan

Rp. 85.000,-  

Desa Ketanggan

Rp. 85.000,-  

Desa Plukaran

Rp. 85.000,-  

Desa Pohgading

Rp. 85.000,-  

Desa Sitiluhur

Rp. 85.000,-  

Desa Bermi.

Rp. 85.000,-  
 
14. Kecamatan DUKUHSETI :
  Seluruh Desa di Kecamatan Dukuhseti Rp. 80.000,-  
  Kecuali : Desa Wedusan dan Desa Grogolan.

Rp. 85.000,-

 
     
15. Kecamatan CLUWAK :

Desa Bleber

Rp. 80.000,-  

Desa Gerit

Rp. 80.000,-  

Desa Gesengan

Rp. 80.000,-  

Desa Karangsari

Rp. 80.000,-  

Desa Ngawen

Rp. 80.000,-  

Desa Sirahan

Rp. 80.000,-  

Desa Sumur

Rp. 80.000,-  

Desa Ngablak

Rp. 85.000,-  

Desa Mendani

Rp. 85.000,-  

Desa Mojo

Rp. 85.000,-  

Desa Payak

Rp. 85.000,-  

Desa Plaosan

Rp. 85.000,-  

Desa Sentul

Rp. 85.000,-  
   
16. Kecamatan WINONG :
Seluruh Desa di Kecamatan Winong Rp. 80.000,-  

Kecuali : Desa Gunungpanti, Desa Guyangan, Desa Pohgading dan Desa Godo

Rp. 85.000,-

 
17. Kecamatan BATANGAN :
  Seluruh Desa di Kecamatan Batangan Rp. 80.000,-  
   
18. Kecamatan TAYU :
  Seluruh Desa di Kecamatan Tayu Rp. 80.000,-  
   
19. Kecamatan GUNUNGWUNGKAL :

Desa Bancak

Rp. 80.000,-  

Desa Gunungwungkal

Rp. 80.000,-  

Desa Gajihan

Rp. 80.000,-  

Desa Gadu

Rp. 80.000,-  

Desa Jembulwunut

Rp. 80.000,-  

Desa Ngetuk

Rp. 80.000,-  

Desa Pesagen

Rp. 80.000,-  

Desa Sumberejo

Rp. 80.000,-  

Desa Gulangpungge

Rp. 85.000,-  

Desa Giling

Rp. 85.000,-  

Desa Jepalo

Rp. 85.000,-  

Desa Jrahi

Rp. 95.000,-  

Desa Perdopo

Rp. 85.000,-  

Desa Sampok

Rp. 85.000,-  

Desa Sidomulyo

Rp. 85.000,-  
 
20. Kecamatan SUKOLILO :

Desa Cengkalsewu

Rp. 80.000,-  

Desa Kasiyan

Rp. 80.000,-  

Desa Kedungmulyo

Rp. 80.000,-  

Desa Sukolilo

Rp. 80.000,-  

Desa Baleadi

Rp. 85.000,-  

Desa Baturejo

Rp. 85.000,-  

Desa Gadudero

Rp. 85.000,-  

Desa Kedungwinong

Rp. 85.000,-  

Desa Kuwawur

Rp. 85.000,-  

Desa Prawoto

Rp. 85.000,-  

Desa Porang Paring

Rp. 95.000,-  

Desa Pakem

Rp. 85.000,-  

Desa Sumbersoko

Rp. 85.000,-  

Desa Tompegunung

Rp. 95.000,-  

Desa Wegil

Rp. 85.000,-  

Desa Wotan (Dk. Jongso)

Rp. 95.000,-  
 
21. Kecamatan PUCAKWANGI :

Desa Bodeh

Rp. 80.000,-  

Desa Grogolsari

Rp. 80.000,-  

Desa Jetak

Rp. 80.000,-  

Desa Sukopuluhan

Rp. 80.000,-  

Desa Karangrejo

Rp. 80.000,-  

Desa Karangwotan

Rp. 80.000,-  

Desa Mencon

Rp. 80.000,-  

Desa Pucakwangi

Rp. 80.000,-

Desa Pelemgede

Rp. 80.000,-

Desa Plosorejo

Rp. 80.000,-

Desa Tanjungsekar

Rp. 80.000,-

Desa Tegalwero

Rp. 80.000,-

Desa Triguno

Rp. 80.000,-

Desa Kletek

Rp. 85.000,-

Desa Lumbungmas

Rp. 85.000,-

Desa Mojoagung

Rp. 85.000,-

Desa Sitimulyo

Rp. 85.000,-

Desa Kepohkencono

Rp. 85.000,-

Desa Terteg

Rp. 95.000,-

Desa Wateshaji

Rp. 95.000,-

                                                         

Lampiran III      : Surat Keputusan Ketua Pengadilan Negeri Pati.

Nomor             : W12-U10/352/PDT.04.01/3/2016.

Tanggal           : 1 Maret 2016

PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK (PNBP)

No. NOTARIS :  Biaya Keterangan 
 1. Untuk Sertifikasi / pengesahan Akta Notaris / CV / Firma / Yayasan / PD / Perjanjian Rp.       5.000,-
 2. Legalisasi/Akta Catatan Sipil Rp.       5.000,-
 3. Waarmeking Akta Dibawah Tangan Rp.       5.000,-
 4. Surat Kuasa Rp.       5.000,-
 5. Surat Kuasa Insidentil Rp.       5.000,-
Biaya Kepaniteraan :
a. Untuk Pencatatan pembuatan akta atau dari putusan-putusan lainnya yang bukan sebagai akibat keputusan pengadilan Rp.       5.000,-
b. Untuk Pencatatan 
c. Penyerahan turunan/salinan putusan/penetapan Pengadilan. Rp.          300,- Perlembar
d. Hak redaksi Rp.       5.000,- Penetapan/Putusan
e. Memperlihatkan surat kepada yang berkepentingan mengenai surat-surat yang tersimpan di kepaniteraan Rp.       5.000,- Per Berkas
f. Mencarikan surat yang tersimpan di arsip yang tidak dimintakan turunan Rp.            0,-
g.

 Pembuatan akta dimana seorang

menyatakan menerima putusan dalam perkara pelanggaran

Rp.            0,-
h. Penyitaan/eksekusi barang yang bergerak atau yang tidak bergerak dan untuk pencatatan pencabutan suatu penyitaan didalam berita acara turunan. Rp.     25.000,- Per Penetapan
i. Melakukan penjualan dimuka umum/lelang atas perintah Pengadilan. Rp.     25.000,- Per Penetapan
j. Penyimpanan dan penyerahan kembali uang atau surat berharga yang disimpan di kepaniteraan. Rp.            0,- Per Surat
k. Legalisasi tanda tangan Rp.     10.000,- Per Putusan
l. Pencatatan pembuatan akta atau berita acara penyumpahan atau dari putusan-putusan lainnya yang bukan sebagai akibat Putusan Pengadilan. Rp.      5.000,- Per Berita Acara/Per Putusan
m. Pencatatan sesuatu penyerahan akta di Kepaniteraan yang dilakukan didalam hal yang diharuskan menurut hukum.  Rp.      5.000,- Per Akta
n. Pencatatan penyerahan akta tersebut diatas oleh Panitera/Jurusita. Rp.      5.000,- Per Akta
o. Pencatatan penyerahan surat dari berkas perkara. Rp.      5.000,- Per Berkas
p. Akta asli yang dibuat di kepaniteraan dikecualikan penyimpanan akta catatan sipil dan pemasukan atau pemindahan suatu akta tersebut begitu pula dari segala keterangan-keterangan tertulis yang dikeluarkan oleh yang diharuskan menurut hukum. Rp.      5.000,- Per Akta
q. Legalisasi dari satu atau lebih tanda tangan didalam akta-akta termasuk catatan sipil, dengan tidak mengurangi yang telah ditetapkan dalam ord.S.1916, Nomor 45. Rp.      5.000,- Per Akta
r. Pendaftaran surat kuasa untuk mewakili pihak-pihak yang berperkara di Pengadilan. Rp.      5.000,- Per Akta
s. Biaya Pembuatan Surat Kuasa Insidentil Rp.      5.000,- Per Surat Kuasa
t. Pengesahan Surat di bawah tangan Rp.      5.000,-

Per Surat

u. Uang Leges Rp.      3.000,-

Per Putusan/Penetapan