features Pengawasan dan Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu PN Pati Oleh Tim Surveillance Badilum Mahkamah Agung RI

Pengawasan dan Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu PN Pati Oleh Tim Surveillance Badilum Mahkamah Agung RI

16 Sep

Details : Berita Terkini
Written by Super User

Pada hari Rabu tanggal 08 Mei 2019, telah dilaksanakan Pembinaan, Pengawasan dan dilanjutkan dengan surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu dan Zona Integritas Pengadilan Negeri Pati oleh Tim Surveillance Dirjen Badilum Mahkamah Agung RI. Tim Assesmen ini dipimpin oleh Lies Khadijah,SH.,MH., dengan anggota Leni Cahyani,SH.,MH. dan Rosalia Puspa K, SE.,MH.

Berdasarkan Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 36/KMA/SK/II/2017, Pengadilan Negeri Pati yang semula Kelas 1B naik kelas menjadi 1A. Sesuai alur proses akreditasi maka assesmen dilakukan langsung oleh Dirjen Badilum Mahkamah Agung RI.

Kriteria dalam pengawasan tersebut adalah 7 (tujuh) kriteria sesuai Indonesian Court performance Excellent (ICPE). Agenda pengawasan dan surveillance dimulai dengan opening meeting, kemudian dilanjutkan pengawasan dalam bentuk wawancara 4 pilar, dan observasi fisik ke satiap ruang kerja dan pelayanan di Pengadilan Negeri Pati. Tujuan assesmen ini adalah untuk melihat penerapan Standar Akreditasi Penjaminan Mutu pada Pengadilan Negeri Pati, untuk melihat proses kerjasama dan sinergitas dalam penerapan APM dan merekomendasikan penilaian APM.

opening badilum2019

pengawasanbadilum

pengawasanbadilum1

wawancaraBadilum

wawancaraBadilum1

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi tersebu, tim menemukan beberapa ketidaksesuaian minor yang harus ditindaklanjuti oleh Pengadilan Negeri Pati dalam meningkatkan kedisiplinan budaya kerja, administrasi, dan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Hasil - hasil tersebut dipaparkan oleh ketua tim assesmen pada saat closing meeting selanjutnya diberikan pembinaan langsung oleh Ketua pengadilan Negeri Pati.

penyerahanhasilpengawasan 

fotoBersamaBadilum2019